Mengenal Istilah KRS dalam Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

baru saja resmi menjadi mahasiswa? Jika kamu salah satunya, pasti ada beberapa istilah-istilah baru di dalam perkuliahan yang mungkin asing di telingamu. KRS adalah salah satu istilah yang penting untuk kamu ketahui di dunia perkuliahan.
Nah, apa itu KRS? KRS adalah akronim dari Kartu Rencana Studi yang diperuntukkan untuk mahasiswa di sebuah instansi pendidikan setingkat universitas. KRS ini sangat penting sekali untuk kamu pahami, karena menjadi dasar kamu ketika mengambil beberapa mata kuliah yang ditawarkan oleh departemen di suatu jurusan tertentu.

Pengertian KRS
Menurut artikel ilmiah yang berjudul Analisis dan Perencanaan Sistem Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) untuk Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Kampus Tanri Abeng University, dijelaskan bahwa KRS adalah istilah yang diperuntukkan bagi proses registrasi mata kuliah yang harus dilakukan oleh mahasiswa.

Dalam proses KRS, mahasiswa memiliki kewajiban untuk memiliki mata kuliah apa yang ingin diambil pada semester tertentu. Namun urutannya, mahasiswa harus membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) terlebih dahulu kepada pihak rektorat universitas sebagai syarat KRS.

Umumnya, mengisi KRS juga diselaraskan dengan pemilihan kelas hingga jadwal perkuliahan. Yang mana, proses KRS ini terkadang dilakukan satu minggu sebelum semester baru dimulai. Nah, mengisi KRS yang berarti memilih mata kuliah, kelas, hingga jadwal perkuliahan ini dapat disesuaikan dengan keinginanmu sendiri.

Misalnya, ketika mahasiswa yang sedang sibuk mengikuti organisasi atau magang di pagi hari, maka dapat mengambil mata kuliah yang memiliki jadwal kuliah di siang atau sore hari. Ini yang menjadi corak khusus dari perkuliahan daripada SD hingga SMA yang cenderung mata pelajarannya sudah dipaketkan oleh sekolah.

Tips dan Trik saat Mengisi KRS

Nah detikers, sudah tahu kan apa itu KRS? Yuk cari tahu tips dan trik saat mengisi KRS berikut:

1. Melakukan pengecekan secara detail mengenai mata kuliah apa saja yang ditawarkan oleh departemen jurusan.

2. Cek juga jadwal dan waktu dari setiap mata kuliah yang ditawarkan oleh departemen jurusan. Pengisian KRS kini bisa dilakukan secara online.

3. Jangan ikut-ikut teman. Ini penting, karena ketika menjadi mahasiswa sudah saatnya untuk independen dan mengambil mata kuliah yang sesuai dengan diri kamu. Jangan ikut ambil mata kuliah tertentu dengan alasan karena ikut-ikut teman.

4. Mengisi KRS sesuai jadwal kampus. Terkadang, KRS itu dibuka di jam-jam yang tidak terduga. Misalnya, ada yang dibuka pukul 12 malam atau 6 pagi. Oleh karena itu, cepat-cepat mengisi KRS sebelum mata kuliah yang ditawarkan sudah penuh diambil teman-temanmu yang lain.

5. Internet Wajib Stabil

Mengisi KRS dulunya dilakukan secara manual dari kertas yang dibagikan. Kertas tersebut lalu dikumpulkan. Kini pengisian KRS dilakukan secara online.

Kesimpulannya, KRS adalah proses pengambilan mata kuliah yang ditawarkan oleh pihak departemen jurusan untuk mahasiswa. Kini sudah paham arti KRS ya, detikers!